Ada Lampu Tenaga Surya, Warga di Papua Tak Khawatir Jalan Malam

Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) telah dibangun sebanyak 300 titik di Kabupaten Boven Digoel dan Asmat, mampu menerangi jalan-jalan di pemukiman warga dan dapat menghemat tagihan rekening listrik.

Bagi masyarakat Boven Digoel, keberadaan dan penerangan PJU-TS sendiri memberikan rasa aman terutama saat mereka beraktivitas malam.

“Dengan adanya lampu ini menurut kami itu sudah mengamankan jalan ini, kalau tidak ada lampu kami merasa tidak aman. Di dalam itu mungkin kami tidak tahu ada orang mabok yang suka menghadang masyarakat dan juga ada kecelakaan, kalau lampu ini sudah ada berarti kita sudah aman disini,” tutur Lucas Aurop, salah satu warga Boven Digoel, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Sabtu (6/4/2019)

Hal serupa diungkapkan Martinus Siawok, salah seorang warga Asmat.

“Saya atas nama masyarakat Asmat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan penerangan jalan umum yang diprogramkan dari pusat, kami merasa bahwa selama ini sangat gelap yang kita jangkau hanya sebatas PLN tapi sekarang ada bantuan penerangan jalan yang sangat membantu kami,” imbuhnya.

sumber: https://finance.detik.com/energi/d-4499447/ada-lampu-tenaga-surya-warga-di-papua-tak-khawatir-jalan-malam