Belum Teraliri Listrik, 3 Kabupaten di Papua Dipasok Lampu Surya

Sejak mengenal Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), masyarakat Kabupaten Nduga, Mappi dan Intan Jaya kini dapat menikmati terang di malam hari.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Selasa (12/3), kembali menyerahkan paket LTSHE ke tiga kabupaten/kota di Provinsi Papua. Penyerahan lampu ini dalam rangka memberikan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang belum menikmati aliran listrik.

Millennial sudah tahu belum seperti apa LTSHE itu? Simak yuk ulasan lengkapnya.

Apa sih itu LTSHE ?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM ,Rida Mulyana (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan, LTSHE adalah program Kementerian ESDM sebagai salah satu solusi permasalahan penerangan dan energi listrik. Program ini difokuskan pada perdesaan terisolisasi dan sulit dijangkau jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Program pemasangan LTSHE ini dikatakan Rida, merupakan perwujudan dari Nawa Cita Program Pemerintahan Presiden Indonesia Joko ‘Jokowi’ Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla (JK).Dalam Nawa Cita ketiga disebutkan “Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah dan Desa dalam Kerangka Kesatuan”.

“LTSHE Bapak Ibu sekalian, emang salah satu bentuk dari program nawa citanya pak Jokowi-JK pak. Seingat saya ini nawa cita yang ketiga ya pak membangun dari pinggiran, dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka kesatuan Republik Indonesia,” ujar Rida dalam sambutannya kepada masyarakat di Aula Kantor Bupati Mappi, Provinsi Papua, Selasa (12/3).

Pemasangan LTSHE di Kabupaten Mappi, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Nduga ini juga merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Papua.

sumber: https://www.idntimes.com/business/economy/axel-harianja/belum-teraliri-listrik-3-kabupaten-di-papua-dipasok-lampu-surya/full