Lampu Tenaga Surya Tekan Anggaran Listrik Pemda Papua

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di 250 titik di Kabupaten Asmat, Papua. Dengan begitu, pemerintah daerah dapat menekan pengeluaran hingga 4,85 juta per bulan.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi menjelaskan, keberadaan PJUTS di Asmat bisa menghemat listrik sebesar 3.300 kilowatt hour (kWh) per bulan. Sedangkan, PJUTS tersebut memiliki daya listrik sebesar 40 watt.

Selain itu, 50 titik lampu tenaga surya yang dipasang di Kabupaten Boven Digoel Papua bisa menghemat pengeluaran sekitar Rp 970 ribu per bulan atau setara dengan 660 kWh per bulan. Rinciannya, 27 titik lampu tenaga surya dipasang di ruas jalan pasar dan terminal, 11 titik ruas jalan menuju pelabuhan, dan dua titik di depan asrama pelajar.

Lampu tenaga surya menjadi solusi untuk penerangan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)(Persero) atau pada daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Lampu Tenaga Surya Tekan Anggaran Listrik Pemda Papua” , https://katadata.co.id/berita/2019/04/05/lampu-tenaga-surya-tekan-anggaran-listrik-pemda-papua
Penulis: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria